Minggu, 26 Februari 2017

Beberapa Tips Aman Konsumsi Tumis Kangkung Agar Tidak Berakibat Fatal Dan Meninggal


Beberapa tips aman konsumsi tumis kangkung agar tidak berakibat fatal dan meninggal? Membaca judul artikel di atas, benarkah makan tumis kangkung dapat berakibat fatal dan meninggal?Jawabannya adalah ya, benar, jika kita tidak berhati-hati saat memasak dan mengkonsumsinya. 

Hal ini dibuktikan dari berita-berita di media sosial dan berita televisi belum lama ini. Sekeluarga meninggal setelah makan tumis kangkung. Berita lain menyebutkan seseorang meninggal akibat makan tumis cah kangkung di sebuah kedai seafood. Mengapa dapat terjadi demikian? Setelah ditelusuri ternyata hal tersebut karena kekurang hati-hatian dan keteledoran.

Satu keluarga di Jawa Tengah meninggal dunia pada malam hari tak berapa lama setelah makan tumis kangkung yang dimasak oleh seorang ibu pada sore hari itu. Singkat cerita, sore itu sepulang dari bekerja di sawah, memetik kangkung liar di dekat sawah, kemudian karena terburu-buru dan kondisi sore yang sudah gelap, ibu tersebut memotong kangkung dalam satu ikatan sekaligus. Tak berapa lama kangkung dicuci dan dimasak, dan dimakan bersama-sama satu keluarga untuk makan malam. Alhasil, satu keluarga merasakan sakit perut, pusing dan muntah-muntah, namun saat dibawa ke rumah sakit tak satu pun anggota keluarga yang selamat. Setelah ditelusuri dalam satu ikatan kangkung yang dimasak terdapat anak ular berbisa yang juga ikut terpotong-potong dan dimasak, sehingga masakan kangkung terkena racun ular yang mematikan.

Lantas bagaimanakah seseorang yang meninggal akibat makan tumis kangkung di sebuah kedai seafood? Singkat cerita setelah makan tumis cah kangkung di kedai seafood, dia merasakan hal yang sama, sakit perut, pusing dan muntah-muntah, namun saat dibawa ke rumah sakit dia tidak dapat diselamatkan. Setelah ditelusuri dalam satu piring cah kangkung yang dia pesan dan dia makan disinyalir terdapat lintah, walaupun bentuknya kecil dan nyaris tak kelihatan, namun lintah tidak akan mati saat dipanaskan apalagi masak kangkung yang hanya sebentar atau tak lebih dari sepuluh menit. Lintah tersebut masih hidup di dalam saluran pencernaannya di perut dan menjadi parasit, sehingga nyawanya tidak dapat tertolong.

Mengerikan bukan? Lantas bagiamanakah agar kita dapat mengkonsumsi kangkung dengan aman? Kita tak dapat menolaknya kalau tumis kangkung sangat enak, lezat, menyegarkan bahkan menyehatkan, karena kangkung memiliki kandungan gizi didalamnya, seperti vitamin A, C, zat besi, dan lain-lainnya yang sangat dibutuhkan kesehatan tubuh kita. Tak ayal lagi hampir sebagian besar orang sangat menyukai bahkan menggilai masakan kangkung, bahkan menjadi masakan sayuran pavorit di kedai-kedai seafood dan lainnya.


Tips Aman dan Sehat Mengkonsumsi Tumis Kangkung Agar Tidak Berakibat Fatal dan Meninggal
Pilih Kangkung Segar 

Tips Aman dan Sehat Konsumsi Tumis Kangkung Agar Tidak Berakibat Fatal dan Meninggal
Tumis Kangkung Aman dan Sehat



Berikut ini penulis akan memberikan tips-tips agar kita tetap dapat menikmati masakan yang melezatkan ini dengan aman, bersih dan sehat, yaitu :

1. Saat belanja kangkung, 
  1. Pilihlah kangkung yang masih segar, sehingga kangkung terasa enak, sehat dan layak dikonsumsi.
  2. Usahakan memilih kangkung yang ada akarnya, sehingga meyakinkan kangkung bebas dari lintah yang masuk dalam batang kangkung.
2. Saat memotong kangkung, 
  1. Potonglah kangkung satu persatu dan jangan sekaligus dalam ikatan, dan kibas-kibaskan batang kangkung sebelum dipotong, sehingga jika ada binatang lain yang menempel bisa terhempas dan jatuh terbuang.
  2. Pisahkan daun dengan batang kangkung
  3. Batang kangkung sebaiknya dibelah, sehingga meyakinkan dalam batang kangkung bersih dan aman dari tanah dan lintah.
3. Saat mencuci kangkung, 
  1. Cucilah dengan air yang mengalir atau air kran, agar kotoran dapat langsung terbuang bersama air cucian
  2. Jika tidak cucilah dengan wadah yang besar dan air yang lebih banyak, sehingga kotoran kangkung bisa mengendap ke bawah
  3. Bilaslah hingga bersih.
4. Saat memasak kangkung, 
  1. Jika kangkung siap dimasak, maka masukkan bagian batang kangkung terlebih dahulu dalam wajan, sehingga batang kangkung cukup matang 
  2. Masukkan kangkung bagian daun setelah bagian batang dirasa cukup matang.
5. Masakan kangkung siap disajikan dan disantap.


Jadi, apakah pembaca masih merasa takut dan trauma dengan makan kangkung?
Penulis harap dengan tips-tips bersih dan sehat yang sudah saya berikan di atas berkaitan dengan masak dan makan kangkung, pembaca bebas dari rasa takut dan trauma.













Tidak ada komentar:

Posting Komentar