Rabu, 08 Maret 2017

Tips Sehat Alami Dan Islami - Rahasia Dasyat Di Balik Kewajiban Ibadah Umat Islam Dari Perspektif Medis Sungguh Luar Biasa


Tips Sehat Alami dan Islami - Rahasia dasyat di balik kewajiban ibadah umat Islam dari perspektif  medis sungguh luar biasa. Apakah maksud yang terkandung dalam judul tersebut?

Cobalah kita sejenak flash back tentang arti dan definisi islam secara harfiah. Kata islam terdapat dalam sejumlah ayat Alquran bahwa islam berasal dari kata as-silmu yang artinya damai, kemudian salimun salim yang artinya bersih dan suci, atau salamun yang artinya selamat. Bila dilihat dari asal kata islam tersebut, seharusnya orang islam senantiasa menjaga kedamaian, selalu menjaga kebersihan dan kesucian, yang pada akhirnya akan selamat.

Tips Sehat Alami dan Islami-Rahasia Dasyat Di Balik Kewajiban Umat Islam Dari Perspektif Medis
Alquran Sumber Hukum Agama Islam


Dengan kata lain islam ibarat sebagai pintu gerbang untuk masuk ke dalam kehidupan yang sehat dan selamat di dunia menuju keselamatan di akherat kelak. Hal ini diperkuat dengan firman Allah SWT dalam ayat-ayat  Alquran, yaitu 





QS Al-Imran ayat 19, yang artinya 

sesungguhnya agama di sisi Allah adalah Islam...Dan barang siapa mencari agama selain agama islam, dia tidak akan diterima, dan di akherat dia termasuk orang-orang yang rugi” 
dalam QS -Al Imran ayat 85.

Sebagai orang islam kita wajib meyakini bahwa ketentuan Allah adalah benar dan tidak ada keraguan di dalamnya, bukan omong kosong belaka, namun hal itu dapat dibuktikan. Salah satu pembuktian adalah pembuktian dari sudut pandang medis atau ilmu kesehatan. Oleh karena itu, jika Allah menyuruh hamba Nya melakukan suatu kewajiban ibadah bukan semata-mata hanya sebagai wujud kepatuhan kita pada perintahNya, namun lebih dari itu bahwa ada rahasia dasyat di balik perintah Allah yang ternyata akan kembali untuk kebaikan hamba Nya.

Masih kurang percaya? Mari kita simak bersama-sama tentang perintah Allah dalam uraian artikel ini dan kajian dari persepktif (sudut pandang)  medis ( ilmu kesehatan). 

Berikut adalah tips sehat alami dan islami – rahasia dasyat di balik kewajiban ibadah umat Islam dari perspektif medis, yaitu sebagai berikut :

1.      Wudhu sebelum Sholat

Tips Sehat Alami dan Islami-Rahasia Dasyat Di Balik Kewajiban Umat Islam Dari Perspektif Medis
Berwudhu Menyehatkan Jasmani Rohani
Wudhu dalam bahasa Arab artinya bersuci, artinya membersihkan diri dari segala kotoran dan dan najis dengan menggunakan air suci yang bersih, tidak berbau, dan tidak tercemar. Wudhu wajib dilakukan sebelum melakukan ibadah sholat  dan salah satu dari syarat syahnya sholat.
Perintah wudhu termasuk firman Allah SWT dalam 

QS-Al Maidah ayat 6, yang artinya

Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan usaplah kepalamu dan (basuh kedua) kakimu sampai ke dua mata kaki. Jika kamu junub maka mandilah. Dan jika kamu sakit atau dalam perjalanan atau kembali dari tempat buang air (kakus) atau menyentuh wanita, lalu kamu tidak memperoleh air, maka bertayamumlah dengan debu yang baik (suci), usaplah wajahmu dan tanganmu dengan (debu) itu. Allah tidak ingin menyulitkan kamu, tetapi Dia hendak membersihkan kamu dan menyempurnakan nikmat-Nya bagimu, agar kamu bersyukur.”

Dari sudut pandang ilmu kesehatan, di balik perintah wudhu dengan air bersih ada hikmah yang luar biasa bagi kesehatan dalam setiap urutan gerakan wudhu, yaitu sebagai berikut:

a)     Berkumur
            Saat berkumur-kumur, air akan membersihkan mulut dan sela-sela gigi dari segala kotoran sisa-           sisa makanan, sehingga kita terhindar dari penyakit di sekitar mulut, gigi, menjaga bibir                       menjadi tetap lembab, dan menguatkan otot wajah

b)     Menghirup air lewat hidung atau membersihkan hidung
            Saat menghirup air dengan hidung atau saat membersihkan hidung, air akan membersihkan                 saluran hidung dari kotoran debu dan zat-zat lain yang masuk ke hidung saat kita bernafas,                   sehingga kita terhindar dari penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) dan  TBC.

 c)     Membasuh wajah
            Saat membasuh wajah, air akan membersihkan kotoran-kotoran di wajah, sehingga wajah kita             bersih, sehat, berseri, terlihat awet muda dan menghindari penuaan dini

 d)     Membasuh kedua belah tangan
            Saat membasuh kedua belah tangan, air akan membersihkan tangan, sela-sela jari dan kuku dari           kotoran, sehingga kulit kita menjadi bersih, sehat, dan bebas dari penyakit kulit dan kanker.

 e)      Mengusap kepala
           Saat mengusap kepala air akan membasahi rambut kepala dan ubun-ubun, sehingga menyebabkan       kepala kita menjadi sejuk, segar, dan terbebas dari rasa stress dan tekanan darah tinggi.

  f). Membasuh telinga 
       Saat membasuh telinga hingga mengusap bagian belakang telinga, air akan membersihan area              dalam dan luar telinga, sehingga telinga kita menjadi bersih dari kotoran dan terbebas dari                    penyakit infeksi. Bahkan usapan telinga bagian belakang mampu menambah konsentrasi atau              daya ingat, sebab di daerah tersebut terdapat titik-titik syaraf yang berhubungan dengan telinga.

  g)    Membasuh kedua kaki
            Saat membasuh kedua belah kaki, air membersihkan kaki dari segala kotoran, sehingga bebas dari       penyakit infeksi akibat jamur, dan saat membersihkan sela-sela jari kaki dapat mencegah penyakit       kejang otot di bagian kaki.

      Subhanallah, Allahu Akbar, sungguh luar biasa dasyat.


2.      Sholat
Tips Sehat Alami dan Islami-Rahasia Dasyat Di Balik Kewajiban Umat Islam dari Perspektif Medis
Sholat Menyehatkan Jiwa Raga

Sholat merupakan gerakan yang diawali dengan takbir dan diakhiri dengan salam yang didalamnya terdapat gerakan-gerakan berdiri, rukuk, sujud, dan duduk yang ternyata mengandung makna mendalam disamping sebagai syarat sahnya sholat.
Perintah shalat termasuk firman Allah SWT dan dijabarkan dalam beberapa ayat dalam Alquran, salah satunya dalam 

QS-An Nuur ayat 56, yang artinya

 “ Dan dirikanlah sembahyang, tunaikanlah zakat, dan taatlah pada Rosul, supaya kamu diberi rahmat.”

Di tinjau dari sudut pandang ilmu kesehatan, gerakan-gerakan dalam sholat sangat baik bagi kesehatan, jika dilakukan dengan benar. Gerakan-gerakan dalam sholat seperti yang kita lakukan adalah :

       a)      Takbirotul Ihram
Yaitu gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu didekap didepan perut. Saat kedua tangan diangkat otot bahu meregang, sehingga otot lengan menjadi kuat dan mampu memperlancar alirah darah getah bening dan oksigen. Saat tangan didekapkan ke perut mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian tubuh bagian atas.

b)      Rukuk
Yaitu posisi di mana tulang belakang atau punggung menunduk lurus ke depan dengan tangan menyentuh lutut. Gerakan menunduk bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat. Saat menunduk, posisi jantung sejajar dengan otak, sehingga aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Posisi tangan yang bertumpu pada lutut mampu merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah dan dapat mencegah gangguan porstat.

c)      I’tidal
Yaitu gerakan bangun dari rukuk dan kembali tegak setelah mengangkat kedua belah tangan setinggi daun telinga, dan gerakan ini sangat baik untuk melonggarkan otot perut dan organ pencernaan, sehingga terbebas dari rasa sakit atau penyakit di organ pencernaan.

d)      Sujud
Yaitu posisi dengan kening dan hidung kita menempel ke lantai ( sajadah) dan dalam posisi ini posisi terletak lebih tinggi atau berada di atas otak kita. Posisi tersebut menyebabkan darah yang kaya oksigen dapat mengalir secara maksimal ke otak, sehingga mampu mencerdaskan otak.

e)      Duduk
             Yaitu posisi duduk saat tahiyat awal dan tahiyat akhir. Saat duduk tahiyat awal tubuh kita                    bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus ischiadus yang dapat                      menghilangkan nyeri pada pangkal paha. Saat duduk tahiyat akhir tubuh kita bertumpu pada               tumit, di mana tumit mampu menekan aliran kandung kemih dan saluran vas deferens yang                  dapat mencegah sakit hipertensi.

f)        Salam
Yaitu gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal yang bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala untuk menyempurnakan alirah darah ke kepala, dan mampu mengencangkan kulit muka.

       Subhanallah, Allahu Akbar, sungguh luar biasa dasyat.


3.   Puasa

Firman Allah SWT dalam

QS-Ar’Rof ayat 31, yang artinya

 “ Makan, minumlah kalian, dan janganlah berlebihan. Sungguh Allah tidak mencintai orang-orang yang berlebihan”

Perintah puasa dalam
QS-Al Baqarah ayat 183 yang artinya

 “Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kamu bertaqwa.”

Perintah Allah SWT wajib kita jalankan sebagai bukti iman kita sebagai hambaNya, namun lebih dari itu ternyata manfaat perintah puasa tersebut demi kebaikan kita yang melakukannya.

Bila ditinjau dari sudut pandang ilmu kesehatan, puasa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita,  yaitu sebagai berikut :

a)      Mencegah penyakit jantung dan hipertensi
       Faktanya saat berpuasa kita selalu berusaha untuk sabar, tidak banyak mengumpat, dan menahan        amarah,  sehingga kita  jauh dari stress dan tekanan darah tinggi, degub jantung terkontrol                    dengan baik

b)      Mencegah kegemukan dan diabetes
       Faktanya saat berpuasa kita menahan lapar dan mengurangi asupan yang berlebihan, terutama              karbohidrat dan lemak, sehingga berat badan dan kadar gula darah dapat stabil.

c)      Mencegah berbagai penyakit yang bersumber dari pencernaan
       Faktanya saat puasa kita memberikan masa istirahat kepada sistem pencernaan kita, sehingga              sistem pencernaan dalam kondisi yang baik dan sehat yang berpengaruh pula bagi timbulnya              penyakit lain dalam sistem pencernaan.

d)      Sistem kekebalan tubuh meningkat
       Faktanya sesuai penelitian bahwa ketika puasa terjadi peningkatan Limfosit sampai dengan 10            kali lipat dalam tubuh yang berpengaruh besar pada sistem imun tubuh dari serangan penyakit            karena faktor luar seperti makananan dan minuman.

e)      Membuat awet muda
      Faktanya saat puasa kita diarahkan untuk selalu bersikap, berbuat dan berfikir yang positif seperti       beramal baik, sedekah, sabar, selalu memaafkan, dan lain-lain sehingga hidup kita selalu merasa         senang, bahagia,  jiwa tenang, emosi terkontrol, dan semangat dalam menjalankan hidup.

      Subhanallah, Allahu Akbar, sungguh luar biasa dasyat.


4.    Zakat dan Sedekah

Perintah zakat merupakan firman Allah SWT seperti dalam 

QS- At Taubah ayat 103 yang artinya
Tips Alami dan Islami-Rahasia Dasyat Di Balik Kewajiban Umat Islam Dari Perspektif Medis
Zakat Menyehatkan Jiwa Raga 

 “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka. Dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka. Dan doakanlah mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha mendengar lagi maha mengetahui.”


Sabda Rasulullah yang artinya

 “ Obatilah orang yang sakit diantara kalian dengan sedekah” (HR.Baihaqi).

Firman Allah dan Sabda Rasul sudah dibuktikan, salah satunya adalah hasil sebuah peneltian yang dilakukan oleh Stephanie Post dalam bukunya Why Good Things Happen To Good People, yang menyatakan bahwa berbagi dengan sesama dapat meningkatkan kesehatan penderita penyakit kronis seperti HIV.

Ditinjau dari ilmu kesehatan, zakat dan sedekah dapat membawa dampak positif bagi kesehatan, yaitu sebagai berikut :

1.      Menjauhkan diri dari penyakit jiwa, karena dengan zakat dan sedekah menjauhkan dari sifat kikir dan serakah

2.   Meningkatkan imun atau sistem kekebalan tubuh, karena perasaan lega, senang, dan bahagia ketika melakukan zakat dan sedekah dalam tubuh kita terdapat hubungan antara jaringan pembuluh darah otak dan kelenjar limpa yang mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Subhanallah, Allahu Akbar, sungguh luar biasa dasyat.

Sungguh luar biasa dasyat. Itulah kesan yang dapat penulis ambil dari isi artikel ini. Hal ini bukan karena kehebatan penulis atau kehebatan yang lain, namun kehebatan di balik rahasia dasyat kewajiban ibadah umat Islam dari perspektif medis sungguh luar biasa. Allah maha benar dan maha sempurna dengan segala firman-firmanNya dan tidak ada keraguan di dalamnya.  

Demikianlah para pembaca artikel mengenai tips sehat alami dan islami - rahasia dasyat di balik kewajiban ibadah umat Islam dari perspektif  medis sungguh luar biasa. 

Semoga bermanfaat dan dapat meningkatkan ghirah kita dalam menjalankan perintah Allah demi menggapai selamat dunia dan akherat, bahagia dan sehat secara alami dan islami. <Sumber : berbagai sumber, image =http://www.google.co.id/search/>






Tidak ada komentar:

Posting Komentar