Selasa, 21 Maret 2017

WASPADAI BERBAGAI PENYAKIT BERBAHAYA MENGINTAI MELALUI KEYBOARD PC DAN LAPTOP ANDA


       Waspadai berbagai penyakit berbahaya mengintai anda melalui Keyboard PC dan Laptop. Apakah mungkin? Jawabannya adalah sangat mungkin, jika anda adalah seorang yang aktifitas kerjanya sehari-hari tak lepas dari yang namanya komputer atau laptop. Apalagi jika aktifitas tersebut dilakukan dalam waktu yang lama dan secara berulang bertahun-tahun.

Waspadai Berbagai Penyakit Berbahaya Mengintai Melalui Keyboard PC Dan Laptop
Gejala Penyakit CTS 

           Mengapa hal itu dapat terjadi? Mengapa berbagai penyakit berbahaya dapat mengintai anda melalui Keyboard PC dan Laptop? Artikel kali ini akan membahas beberapa alasan yang mendasari timbulnya penyakit dari keyboard PC dan Laptop,  beberapa penyakit yang timbul akibat keyboard beserta solusinya.
  
Beberapa alasan yang mendasari timbulnya penyakit dari keyboard PC dan Laptop, yaitu:

1.      Kebersihan Keyboard

       Keyboard yang terdapat pada perangkat PC (Personal Computer) dan Laptop yang dipergunakan untuk mengetik yang kotor dan jarang dibersihkan mengandung banyak kuman dan bakteri. Bahkan berdasarkan penelitian terbaru dari CBT Nuggets telah ditemukan sedikitnya terdapat 20.000 kuman dan bakteri bersarang di keyboard. Sumber lain dari beberapa ahli dari  laman mirror.co.uk  keyboard termasuk dalam kategori benda yang sangat kotor dalam rumah yang melebihi kotornya toilet. Sumber lain menyebutkan bahwa dalam keyboard komputer mengandung bakteri sebanyak 64 bakteri per square inchi.

      Mengapa keyboard menjadi berbahaya dan kotornya melebihi toilet? Secara logika keyboard selalu dipakai setiap hari bahkan setiap saat untuk bekerja, komunikasi, dan aktifitas lainnya. Keyboard termasuk barang yang sangat jarang kita jaga kebersihannya, ditambah lagi kebiasaan kita yang kadang mengetik sambil makan atau minum. Tanpa disadari sisa-sisa makanan atau minuman mungkin saja jatuh dan menetes di sela-sela keyboard yang mampu menambah kotor dan semakin banyak kuman dan bakteri di sana selain debu yang menumpuk.

Penyakit yang dapat ditimbulkan akibat keyboard yang kotor adalah sebagai berikut :
1.      Menyebabkan flu dan batuk yang efeknya melebihi flu biasa
2.      Radang tenggorokan
3.      Sakit kepala dan vertigo
4.      Radiasi keyboard kotor dapat menurunkan kekebalan tubuh

Solusi yang dapat dilakukan adalah :
·         Keyboard sering dibersihkan hingga sela-sela keyboard dengan membongkar setiap huruf-huruf dalam keyboard
·         Membersihkan dengan menggunakan anti septic
·         Menutup papan keyboard dengan lapisan plastik transparan apabila tidak sedang digunakan

2.      Susunan Huruf Di  Keyboard

Susunan huruf yang terletak di papan keyboard saat ini menggunakan type yang disebut dengan keyboard type Qwerty. Keyboard jenis ini memiliki susunan huruf yang berurutan yaitu  q, w, e, r, t , y pada baris atas huruf di papan keyboard.

Keyboard dengan susunan huruf seperti di atas didesain dan diciptakan dengan tidak memperhatikan masalah ergonomi, sehingga menyebabkan kelelahan pada pergelangan tangan. Keyboard qwerty memberikan beban yang tidak sama kepada jari tangan kanan dan jari tangan kiri. Bagi orang yang biasa menggunakan tangan kanan (right handed), maka tangan kiri akan melakukan aktifitas sebanyak 60%, sehingga jari kanan menjadi cepat lelah. Dan huruf-huruf yang ditengah yang mudah dicapai oleh jari tengah kanan atau kiri hanya sekitar 30%, dan selebihnya jari-jari akan melompat jauh ke atas atau ke bawah, sehingga memberikan beban pada pergelangan tangan.

Jika aktifitas mengetik dengan keyboard qwerty dilakukan secara berulang-ulang dan dalam waktu yang lama bahkan bertahun-tahun, maka akan menimbulkan penyakit yaitu :

·         Penyakit CTS (Carpal Tunnel Syndrome )

         Penyakit CTS disebut juga sindroma terowongan karpal, yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh terjepitnya saraf medianus di daerah pergelangan tangan dan jika menyerang pada saraf sensorik akan mengganggu pergerakan dari ketiga jari kita yaitu ibu jari, telunjuk, tengah dan manis.

        Gejala awal yang dirasakan dari penyakit CTS ini adalah  kesemutan dan baal ( mati rasa) khususnya pada ibu jari, tengah, telunjuk, dan separuh sisi luar jari manis. Jika gejala awal ini tetap  dibiarkan dapat menyebabkan lumpuh dan harus dilakukan operasi.

Solusi untuk mengatasi penyakit CTS ini adalah sebagai berikut :

  •  Melakukan sedikit peregangan dan relaksasi pada pergelangan tangan dan jari-jari tangan  yang mengalami kesemutan atau mati rasa.
  •  Melakukan aktifitas mengetik, sehingga pergelangan tangan dalam posisi yang benar dan ergonomi.
  • Memakai sarung tangan khusus untuk menjaga agar posisi pergelangan tangan dalam posisi yang benar
  • Minum obat anti radang untuk menyembuhkan CTS dalam tahap awal (ringan).
  •  Jika gejala awal tidak dapat disembuhkan dengan minum anti radang, segera lakukan tindakan dokter bisa kemungkinan dokter  akan melakukan tindakan operasi pada kasus CTS yang berat atau sudah dalam tahap kelumpuhan.


Pembaca yang saya sayangi, sekarang cobalah anda periksa ke papan keyboard di PC atau laptop anda, balikkan papan keyboardnya, apakah kelihatan kotor dan berdebu? Dan apakah susunan huruf dalam papan keyboard tersebut tersusun secara qwerty?

Saya sarankan anda mulai waspada dan berhati-hati, jagalah kebersihan keyboard anda dan lakukan aktifitas mengetik dengan benar dan senyaman mungkin bagi pergelangan tangan anda sebelum berbagai penyakit menghampiri anda.

Demikianlah artikel tentang berbagai penyakit berbahaya mengintai anda melalui Keyboard PC dan Laptop Anda. Semoga bermanfaat.





Referensi dan Artikel Terkait :

Website :

Http ://health.kompas.com/read/2014/09/17/1628305/Jangan.Sepelekan.Nyeri.Tangan.akibat Mouse.dan.Keyboard

Http;//www..vemale.com/com/kesehatan/98608-awas-keyboard-komputer-lebih-kotor-dari-toilet-sebabkan-sakit.html

Http://www.tonfeb.com/2015/03/10-benda-lebih-kotor-dari-toilet.html

Http://www.elektronindonesia.com/elektro/komput6.html

Https://resariski.wordpress.com/2011/11/11/penyakit-akibat-penggunaan-komputer/

Image :

Keyboard : Cirebon.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar