Selasa, 21 Maret 2017

RAJIN-RAJINLAH KONSUMSI BERBAGAI JENIS IKAN JIKA INGIN TUBUH DAN JIWA ANDA SEHAT



       Rajin-rajinlah konsumsi berbagai macam ikan jika ingin tubuh dan jiwa anda sehat. Selain itu ikan juga memiliki rasa yang enak, lezat dan menambah gairah kita dalam menyantap menu makan setiap harinya. Ikan memiliki kandungan nutrisi yang lebih baik dari pada daging dan telor, karena ikan memiliki nilai protein yang lebih banyak, namun mengandung kadar kalori yang rendah.

Rajin-Rajinlah Konsumsi Berbagai Jenis Ikan Jika Tubuh dan Jiwa sehat
Jenis Ikan Konsumsi

       Di alam ini terdapat berbagai macam jenis ikan yang hidup di air laut, air payau maupun air tawar. Jenis-jenis iakn ikan tersebut ada yang sehat untuk dikonsumsi dan ada yang tidak layak dikonsumsi karena rasanya yang tidak enak, pahit bahkan beracun.

Berikut adalah contoh jenis-jenis ikan tawar, ikan payau dan ikan laut yang biasa dan layak dikonsumsi untuk menambah selera makan dan kesehatan kita, yaitu sebagai berikut:

1.      Ikan Air Tawar

Ikan air tawar adalah ikan yang hidup di sungai, tambak dan di danau. Beberapa jenis ikan air tawar yang layak dan enak untuk dikonsumsi adalah seperti :

·         Ikan Tawes
·         Ikan Sepat
·         Ikan Seluang
·         Ikan Nilem
·         Ikan Patin
·         Ikan Nila merah
·         Ikan Nila hitam
·         Ikan Mujair
·         Ikan Mas
·         Ikan Lele
·         Ikan Gurame
·         Ikan Gabus
·         Ikan Bawal, dan
·         Belut

2.      Ikan Air Payau

Ikan air payau adalah ikan yang hidup di air antara air sungai (air tawar) dengan air laut (air asin), seperti ikan yang hidup di muara-muara dekat laut. Jenis ikan air payau yang layak dan enak untuk dikonsumsi adalah seperti :

·         Ikan Bandeng
·         Udang Windu


3.      Ikan Air Laut

Sesuai dengan namanya, ikan laut merupakan ikan yang hidupnya di air laut. Beberapa jenis ikan laut yang layak dan enak untuk dikonsumsi adalah sebagai berikut :

·         Ikan Tuna
·         Ikan Tongkol
·         Ikan Teri
·         Ikan Tenggiri
·         Ikan Pari
·         Ikan Layaran
·         Ikan Selar
·         Ikan Sotong
·         Ikan Kembung, dan
·         Ikan Kakap

Lantas mengapa kita harus rajin-rajin mengkonsumsi berbagai macam ikan jika ingin tubuh dan jiwa anda sehat? Selain rasanya yang enak, lezat, gurih dan mampu menambah selera makan, ikan memiliki kandungan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh dan jiwa jika dibandingkan dengan mengkonsumsi daging dan telor.

Kandungan nutrisi yang terkandung dalam makanan jenis ikan adalah sebagai berikut :

1.      Asam lemak Omega-3

Asam lemak Omega-3 sangat baik untuk nutrisi otak kita, otak kita menjadi sehat, cerdas, dan kuat untuk melakukan tugas-tugas yang melibat otak kita.

2.      Protein

Protein yang terkandung dalam ikan melebihi kandungan protein dalam kacang-kacangan, setara dengan daging dan dibawah telor. Ikan mengandung banyak protein yang memiliki kadar asam amino lebih banyak di banding jenis makanan lain, yang berfungsi untuk perkembangan otak, terutama untuk anak-anak.

3.      Lemak

Lemak yang terkandung dalam ikan merupakan asam lemak essensial yang sifatnya tak jenuh, yang sangat berguna untuk mempertahankan kesehatan dan stamina tubuh dari kadar kolesterol yang tinggi.

4.      Vitamin

Jenis-jenis vitamin yang terkandung dalam ikan adalah adalah sebagai berikut :
  • Vitamin A untuk kesehatan mata dan mencegah kebutaan mata pada anak
  • Vitamin B6 untuk membantu metabolism asam amino dan lemak yang sangat berguna untuk mencegah anemia dan kerusakan syaraf
  • Vitamin B12 untuk pembentukan sel-sel darah merah, membantu memperlancar metabolism 
  • tubuh, mencegah kerusakan syaraf dan melindungi jantung.
  • Vitamin D yang sangat berguna untuk pertumbuhan tulang dan gigi pada anak-anak
p    5.       Mineral
     
      Zat mineral yang terkandung dalam makanan jenis ikan adalah meliputi:

·         Zat Besi, yang berguna untuk mencegah kekurangan sel darah marah atau anemia.Zat besi dalam ikan mudah diserap tubuh dari pada zat besi dari makanan jenis lainnya.
·         Zat Yodium, yang sangat berfungsi untuk penyakit gondok yang dapat mengganggu pertumbuhan dan kecerdasan
·         Selenium, yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh, sebagai anti oksidan guna menangkal radikal bebas, dan mencegah sakit jantung koroner
·         Seng, yang berfungsi untuk membantu kerja enzim dan hormone dalam tubuh
·         Flour, yang berfungsi untuk menyehatkan gigi dan tulang anak-anak

Berbagai kandungan nutrisi yang terkandung dalam ikan begitu banyak dan sangat dibutuhkan oleh kebutuhan nutrisi tubuh kita agar tetap sehat, bugar, dan menjaga ketahanan dan kebugaran tubuh kita.

Oleh karena itu jika kita rajin-rajin mengkonsumsi ikan dalam hidangan makan kita sehari-hari, maka tubuh dan jiwa kita menjadi sehat serta terbabas dari beberapa penyakit di bawah ini yaitu :

1.      Penyakit Jantung

Mengkonsumsi ikan dapat mencegah sakit penyakit kardiovaskuler   atau penyakit jantung, karena kandungan vitamin B12, mineral dan asam lemak essensial yang tak jenuh. Kandungan nutrisi tersebut mampu membantu proses pembentukan sel-sel darah merah, membantu memperlancar metabolisme tubuh, mencegah terjadinya akumulasi atau meningkatnya kadar trigliserida dalam darah secara berlebihan, meningkatkan kadar HDL (kolesterol yang baik), serta mampu mencegah pembekuan darah.

 2.      Penyakit Kolesterol tinggi

Mengkonsumsi ikan dapat mencegah kolesterol tinggi, karena kandungan vitamin B12 dalam ikan mampu untuk memperlancar metabolisme tubuh, dan kandungan asam lemak essensial yang sifatnya tak jenuh, yang sangat berguna untuk mempertahankan kesehatan dan stamina tubuh dari kadar kolesterol yang tinggi. Kandungan mineral dalam ikan yang dapat membantu sistem metabolism tubuh.

3.      Penyakit Kanker

Mengkonsumsi ikan dapat mengurangi risiko penyakit kanker, terutama kanker porstat, karena ikan banyak mengandung zat riboflavin yang mampu mencegah dan mengusir sel-sel kanker.  Selain itu kandungan asam lemak essensial, vitamin, dan mineral yang sangat bagus untuk menjaga keseimbangan hormon, menangkal radikal bebas, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

4.      Mencegah Penyakit Radang atau Inflamasi

Kandungan nutrisi dalam ikan, terutama zat asam lemak omega 3 dan mineral sangat membantu tubuh untuk mencegah dan menangkal radikal bebas dan anti oksidan yang mampu membantu tubuh dalam menangkal dan mengeluarkan racun-racun dalam tubuh yang merusak sistem metabolisme tubuh.

5.      Mencegah Dimensia dan Alzheimer

Dimensia dan Alzheimer merupakan jenis penyakit yang berhubungan dengan otak. Kandungan asam lemak omega 3, protein, vitamin dan mineral dalam ikan sangat membantu proses pertumbuhan otak terutama pada anak-anak.

Seseorang yang lebih banyak mengkonsumsi ikan akan memiliki otak yang lebih besar dan volume otaknya menjadi lebih besar, sehingga lebih cerdas dan mampu menurunkan resiko penurunan daya ingat (alzheimer atau pikun)

6.      Meningkatkan Kecerdasan Otak

Ikan banyak mengandung zat asam amino omega 3, protein, vitamin, dan mineral, sehingga bila kita mengkonsumsi ikan secara rutin dapat membantu pertumbuhan dan menjaga fungsi otak, meningkatkan kecerdasan, bahkan dapat meningkatkan daya kerja otak, bahkan sejak dalam usia masa kehamilan atau saat menjadi janin.

7.      Mencegah Bayi Prematur

Kandungan nutrisi dalam ikan sangat penting untuk membantu kesehatan sang Ibu hamil dan mengurangi resiko bayi lahir secara premature, selain itu kandungan nutrisi ikan sangat baik untuk pertumbuhan syaraf dan fungsi otak pada janin.

8.      Mencegah Diabetes

Kandungan nutrisi dalam ikan dapat membantu melancarkan peredaran darah dalam tubuh, sehingga mengurangi resiko penyakit diabetes. Selain itu ikan tidak memiliki kadar kolesterol yang tinggi, namun lebih banyak memiliki kandungan asam lemak omega 3 dan vitamin, sehingga mengkonsumsi ikan dapat membantu program diet anda.

9.      Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut dan Mata

Kandungan asam lemak omega 3, protein, vitamin A dan mineral nya yang sangat baik untuk tubuh, termasuk untuk perbaikan sistem syaraf, mengurangi radang dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.  

Sehingga mengkonsumsi ikan secara rutin dapat membantu kesehatan kulit dan membantu pertumbuhan rambut dari dalam tubuh. Selain itu mengkonsumsi ikan secara rutin mampu melawan degenerasi macula (bagian tengah retina), glukoma, sindrom mata kering dan mencegah kebutaan.

10. Mengatasi Stress dan Depresi

Aktifitas yang rutin dan sangat banyak dapat mengakibatkan stress. Demikian juga kejadian-kejadian dan tekanan hidup yang berat yang silih berganti dalam hidup dapat mengakibatkan depresi.
Mengkonsumsi ikan secara teratur dalam menu makanan sehari-hari dapat mengatasi dan menguhilang stress dan depresi, karena ikan mengandung zat nutrisi asam lemak omega 3, vitamin, protein, mineral dan vitamin yang sangat membantu tubuh dalam sistem metabolisme tubuh, membantu fungsi syaraf, menangkal radikal bebas dan anti oksidan.

       Pembaca blog yang saya sayangi, ternyata kandungan dan manfaat ikan sangat baik bagi pencegahan berbagai macam penyakit dan sangat baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa kita bukan?  Tak salah lagi bila ikan merupakan makanan lauk atau makanan pendamping nasi yang terbaik, di mana ikan merupakan sumber protein hewani yang memiliki banyak keunggulan kaya protein, vitamin, mineral, namun memiliki nilai kalori yang rendah.

           Namun ada beberapa hal yang perlu diingat, seperti telah saya uraikan di artikel sebelumnya, bahwa makanan yang sebenarnya sehat dan menyehatkan justru akan menimbulkan penyakit yang berbahaya, jika cara pengolahannya tidak benar.

Cara pengolahan yang tidak disarankan karena dapat memicu kolesterol, kanker, dan penyakit lainnya adalah jika:
  • Ikan dibakar langsung dalam api yang yang terlalu panas dan terlalu lama, sehingga ikan menjadi hitam dan gosong.
  • Ikan di awetkan dengan cara diasap dan diasinkan
  • Ikan dimasak dengan kuah santan yang kental
  • Ikan digoreng dengan minyak goreng yang telah berulang-ulang pakai

Cara menikmati ikan yang lezat yang dapat menambah selera makan sekaligus menyehatkan misalnya dengan cara :
  • Ikan goreng dengan sambel dan lalapan
  • Ikan goreng dengan sambel kecap dan lalapan
  • Ikan bakar yang dibakar secukupnya atau tidak gosong
  • Ikan bakar dengan sayur asem

 Hem, nikmat bukan?
        
         Demikianlah artikel saya yang berjudul “Rajin-rajinlah konsumsi berbagai macam ikan jika ingin tubuh dan jiwa anda sehat” semoga dapat memberi manfaat dan mengingatkan kita kembali tentang arti dan pentingnya sehat.

Salam sehat dan bahagia.



Referensi dan Artikel Terkait :

Setyaka, Heru.2016. Hidup Sehat, Kinerja Melejit. Rujukan Pola Hidup dan Pola MAkan Sehat Khusus Orang Kantoran. Yogyakarta:Saufa.

Website :
Http;//manfaat.co.ic/16-manfaat-ikan-bagi-kesehatan-manusia
Http://www.infoikan.com/2016/09/ini-dia-40-jenis-ikan-konsumsi-air.html
http://penyuluhankelautanperikanan.blogspot.co.id/2012/06/kandungan-gizi-pada-ikan.html

Image :

Berbagai jenis ikan konsumsi : Solopos.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar