Rabu, 08 Maret 2017

BAGAIMANA CARA MENJAGA MATA KITA AGAR TETAP SEHAT DAN BEBAS DARI KACA MATA PLUS MINUS SAMPAI MENJELANG USIA TUA?

Bagaimana cara menjaga mata kita agar tetap sehat dan bebas dari kaca mata plus minus sampai menjelang usia tua? Wah, apakah bisa demikian?

Seperti yang kita lihat di sekeliling kita hampir sebagian besar orang memakai kaca mata mulai dari anak usia sekolah, mahasiswa, pekerja kantoran, dan bahkan seusia kita hampir seluruhnya telah menyambung matanya untuk membaca dan aktifitas lainnya, alias pakai kaca mata.

Bagaimana Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat dan Bebas Kaca Mata Hingga Usia Tua
Mata Sehat Bebas Kaca Mata

Mengulang pertanyaan sebelumnya apakah mata kita bisa sehat dan bebas kaca mata hingga usia tua?Jawabannya adalah bisa dan pasti bisa.

Sebagai contoh saya mengenal seorang wanita, tahun lalu berulang tahun ke 95 tahun. Saat ini Beliau masih aktif di beberapa perusahaan yang didirikannya, smart, lincah, dan tanpa kaca mata saat membaca. Saya sangat terinsiprasi dengan segala aktifitas den semangat hidupnya.

Satu contoh lagi adalah diri saya sendiri, Alhamdulillah hingga seusia sekarang saya tidak berkaca mata. Saya memiliki hobby membaca sejak kecil hingga sekarang, sampai saat ini saya sudah bekerja di belakang meja kurang lebih 20 tahun di depan layar monitor komputer dan laptop, dan rata-rata 5 jam perhari. Kemudian ditambah lagi jika ada tugas kuliah, saya berada di depan layar laptop hingga larut malam. Tapi Alhamdulillah mata saya sehat dan bebas dari kaca mata, tapi saya masih mampu membaca dengan jarak normal tanpa kaca mata, bermain WA, FB, BBM dan mengetik artikel ini pun tanpa kaca mata.

Saya mohon maaf saya menyampaikan demikian bukan untuk takabur atau yang lainnya, namun hal ini saya sangat syukuri dan ingin rasanya berbagi tips dengan para pembaca yang sangat saya cintai. Saya pun awalnya sangat terinspirasi dengan wanita boss beberapa perusahaan di atas tadi, yang hingga usia 95 tahun bebas kaca mata.

Lantas, bagaimana cara menjaga mata kita agar tetap sehat dan bebas dari kaca mata plus minus sampai menjelang usia tua? Mata adalah anugerah yang tak ternilai harganya yang diberikan oleh Allah SWT kepada kita yang wajib kita syukuri dengan tetap menjaga dan merawatnya.

Awalnya, sewaktu SMP penulis pernah merasakan pusing yang luar biasa di saat membaca dengan jarak yang normal. Setelah periksa mata ke Dokter mata ternyata penulis mengalami gejala mata rabun jauh atau tidak dapat melihat jauh atau lebih jelasnya harus menggunakan kaca mata minus jika ingin membaca. Hasil diagnosis Dokter tersebut sempat meyebabkan penulis merasa sedih dan putus asa, betapa tidak karena harus membeli kaca mata yang kala itu sangat tidak terjangkau.

Berkat informasi dari berbagai sumber akhirnya penulis menemukan beberapa tips dan cara yang kemudian penulis coba praktekkan. Hasilnya sangat memuaskan dan dapat penulis rasakan hingga saat ini dan mudah-mudahan tetap terjaga hingga usia tua nanti.

Berikut ini  adalah cara menjaga mata kita agar tetap sehat dan bebas dari kaca mata plus minus sampai menjelang tua, yaitu sebagai berikut :

1.      Minum Air Wortel

Bagaimana Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat Dan Bebas Kaca Mata Hingga Usia Tua
Air Wortel Menyehatkan Mata


Wortel banyak mengadung vitamin A, mineral, dan anti oksidan dalam jumlah yang cukup tinggi yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, dan sangat baik untuk kesehatan mata.



Caranya : 

Blender atau parut 2 buah wortel ukuran sedang, kemudian disaring dan diambil airnya hingga 100 CC atau setengah gelas air minum. Minum air wortel tersebut secara rutin setiap pagi dan malam   hari selama mata sakit atau sampai sembuh. Minum selama mata sehat sangat bagus untuk tetap menjaga kesehatan mata.

2.     Mencuci Mata Dengan Air Sirih

Bagaimana Cara Menjaga Mata Agar Tetap Sehat dan Bebas Kaca mata Hingga Usia Tua
Daun Sirih Baik Untuk Mencuci Mata 


Daun sirih hijau mengandung zat fenil propane, minyak atsiri, hidroksikavicol, estragol, kavibetol, gula, dan zat-zat lain yang lain yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia, termasuk sangat baik untuk mencuci mata kita dari serangan bakteri dan kuman melalui asap atau debu.


Caranya :

Ambil 5 lembar daun sirih yang segar atau habis dipetik dan dicuci bersih, kemudian daun sirih tersebut diremas-remas di dalam piring yang berisi air sampai air berwarna hijau. Setelah air daun sirih tersebut di bersihkan atau disaring, kemudian rambang atau celupkan mata satu persatu ke dalam piring berisi air sirih. Kedipkan atau geserkan bola mata ke kiri dan ke kanan dengan melirik ke kanan dan ke kiri. Ulangi dengan mata yang lainnya. 

Mata akan terasa pedih, namun itulah pertanda mata kita sudah terlalu kotor dan perlu dibersihkan. Membersih mata dengan air sirih dilakukan setidak-tidaknya seminggu sekali secara rutin, agar mata terasa sehat dan bening.


3.   Menghindari Nonton TV dan Main Gadget Sambil Tiduran

Menonton TV main gadget sambil tiduran sepertinya sangat santai dan mengasyikan, namun tahukah bahwa hal ini sungguh membahayakan bagi kesehatan, seperti menyebabkan otot kaku atau tegang dan dalam waktu yang lama akan menyebabkan ketegangan kronis.

Bahkan menurut peneliti di Swedia, menonton TV sambil tiduran dapat menyebabkan kanker, karena kerangka dan pegas kasur berbahan logam berperan memantulkan gelombang siaran TV yang bersifat karsiogenik (pemicu kanker).

Khusus untuk kesehatan mata, menonton TV sambil tiduran menyebabkan cahaya tidak jatuh tepat pada retina, sehingga dapat meyebabkan mata menjadi silinder.

4.   Menjaga Jarak Mata Dengan  Layar TV 

Ketika menonton TV,  jarak ideal antara mata dengan layar TV adalah 4x diagonal TV, maka jika diagonal TV berukuran 50 cm maka jaraknya sekitar 200 cm atau 2 meter. Selain itu lakukan menonton TV dengan sambil duduk di kursi yang pandangan mata kita berbanding lurus ke depan TV, sehingga cahaya jatuh tepat lurus ke dalam retina mata. Dengan demikian kita terhindar dari sakit mata silinder, rabun jauh atau rabun dekat.

5.   Memakai Pelindung Kaca (Srceen Saver) Pada Layar Komputer

Bagaimana Cara MEnjaga Mata Agar Tetap Sehat dan Bebas Kaca Mata Hingga Usia Tua
Jarak Normal Mata dengan Laptop

Sebagai pekerja kantor yang setiap hari menggunakan layar komputer atau laptop dalam jangka lama, sebaiknya memakai kaca pelindung di layar monitor atau Screean Saver. Hal ini karena radiasi cahaya dari kaca layar bisa dikatakan tinggi dan berbahaya bagi kesehatan mata.



Mata yang terlalu lama memandang layar computer menyebabkan mata menjadi kering, pedih, dan lama-lama akan buram pandangannya.

Kita harus menjaga jarak pandang mata dengan layar sekitar 35cm - 50cm dan duduk dengan tegak namun nyaman, sehingga tidak menyebabkan kelelahan yang berlebihan.  Untuk menghindari kelelahan mata, sebaiknya sering-sering istirahat dan pejamkan mata selama sekitar 20 detik setiap 2 jam sekali.

6.      Memakai Kaca Mata Pelindung Sinar Ultra Violet (UV) Pada Siang Hari

Sinar UV sangat berbahaya bagi kesehatan kulit dan mata, dan sekali-kali kita jangan mencoba  dengan sengaja melihat cahaya matahari siang hari dengan mata telanjang, karena dapat berakibat kebutaan mata permanen.

7.      Memakai Pelindung Mata Saat Berkendara

Saat mengendarai motor atau mengemudi kendaraan dengan kaca terbuka, sebaiknya kita memakai pelindung mata dengan kaca mata untuk menghindari asap, debu, binatang kecil yang terbang di jalanan atau kotoran lain yang mungkin masuk ke dalam mata kita.

Jika terjadi mata sakit, pedih atau mata merah saat berkendara, kita harus cepat-cepat menanganinya dengan cara mencuci mata memakai air bersih atau menggunakan tetes mata dan kita menghindari jangan sampai tangan mengucek mata, karena dapat menyebabkan kotoran semakin masuk ke mata dan menghindari kotoran yang mungkin menempel di tangan saat mengucek mata.

Kita tidak boleh menyepelekan pelindung mata saat berkendara, karena hal ini sangat membahayakan dan berakibat fatal. Sebagai contoh yang terjadi pada keluarga, tepatnya sepupu menderita sakit mata dan harus dioperasi mata karena dari mata sebelah kanan keluar air mata darah. Awalnya saat naik motor tidak pakai kaca mata dan tanpa sengaja mata kemasukan debu, kemudian karena perih mata tersebut dikucek-kucek, keesokan paginya mata terasa sakit dan keluar darah akibat luka di retina mata. Setelah diperiksa Dokter, maka jalan terakhir dan terbaik harus segera dioperasi untuk membersihkan kotoran dan mengobati lukanya.

Kejadian yang menyeramkan sekali ya? Kita tentu tidak ingin mengalami hal yang sama, oleh karena itu faktor kehati-hatian dan waspada tetap menjadi perhatian kita.

Demikianlah beberapa tips atau cara menjaga mata kita agar tetap sehat dan bebas dari kaca mata plus minus sampai menjelang tua. 

Penulis berharap artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pembaca atau paling tidak dapat mengingatkan kembali para pembaca untuk menjaga kesehatan terutama mata kita sebagai wujud syukur kita atas karunia Allah SWT yang tiada tara ini. <Sumber = berbagai sumber dan pengalaman pribadi, Image=http://www.google.co.id/search/>


Tidak ada komentar:

Posting Komentar